8 Cara Mengembangkan UMKM yang Jitu

Anda sedang menjalakan UMKM dan mencari cara jitu untuk mengembangkannya? Anda mendapatkan artikel yang tepat untuk melejitkan usaha. Banyak oang bersemangat menjalankan UMKM hanya di awal, kemudia menyerah karena usaha mereka tidak ada kemajuan. Anda juga ingin menyerah? Jangan dong.

Untuk membuat UMKM Anda melejit, diperlukan strategi serta langkah-langkah yang tepat.Dalam artikel ini, kita akan membahas 8 cara mengembangkan UMKM yang layak Anda coba.

8 cara mengembangkan UMKM yang layak Anda coba

Lakukan survei dan observasi pada tempat-tempat potensial

Anda perlu melakukan survei serta observasi pada tempat-tempat yang potensial untuk berjualan dan membuka cabang usaha yang baru. Amati apakah daerah atau tempat yang Anda pilih berpotensi meningkatkan penghasilan Anda, seperti dekat kampus, dekat perkantoran atau dekat dengan pertokoan.

Anda juga perlu observasi apakah di tempat yang Anda pilih tersebut, produk Anda dibutuhkan. Ada baiknya Anda menuliskan beberapa pertanyaan sebelum pada akhirnya memutuskan. Misal, apakah tempat tersebut mudah diakses? Apakah dalam hal logistik, Anda akan mudah mendapatkannya di tempat itu?

Pastikan Anda menuliskan pertanyaan-pertanyaan secara mendetail sehingga Anda pun mendapatkan informasi yang lengkap untuk mampu memutuskan memilih tempat tersebut atau tidak. Pertanyaan seperti, seberapa banyak kira-kira orang yang akan membeli produk Anda setiap hari juga perlu Anda tuliskan.

Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menentukan memutuskan dengan pertimbangan yang memang sudah detail baik data dan fakta-faktanya.

Aktif mengikuti event festival dan pameran

Dengan secara aktif mengikuti festival serta pameran, eksistensi produk serta brand Anda akan semakin meningkat. Event-event semacam itu menjadi aktivitas pemasaran yang efektif dan terjangkau. Anda pun bisa mendapat banyak manfaat bisa mengenal banyak vendor, kompetitor dan mendapatkan calon-calon pelanggan.

Baca Juga:  2018, UMKM Harus Ekspansi Produk ke Tiongkok

Pastikan Anda memilih festival atau pameran yang sesuai dengan produk Anda. Misal, jika produk yang Anda tawarkan adalah kue kering, maka ikuti pameran-pameran dan festifal kuliner di kota Anda maupun di luar kota jika memungkinkan.

Membangun hubungan baik dengan pengusaha dan yang terkait

Menjalankan usaha berarti Anda pun juga membangun hubungan baik dengan banyak orang, khususnya para pengusaha. Mengapa? Karena semakin banyak Anda mendapatkan relasi, makin luas pula kesempatan usaha Anda berkembang. Anda juga bisa mendapatkan banyak kepercayaan dari banyak orang yang Anda butuhkan untuk memudahkan menawarkan produk.

Kesempatan untuk mengembangkan usaha pun semakin luas jika Anda mengenal vendor-vendor yang bisa diandalkan dan kenal baik dengan Anda. Informasi-informasi yang Anda butuhkan seputar bisnis pun akan lebih cepat Anda dapatkan guna mengambil langkah dan strategi yang perlu sesuai kebutuhan.

Ada baiknya Anda juga bergabung di forum-forum atau komunitas-komunitas pedagang/pengusaha agar pengetahuan Anda bertambah dan relasi Anda semakin luas. Peluang-peluang bisnis baru juga akan lebih terbuka dan Anda selalu mampu update terhadap trending.

Meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan

Ini satu hal yang tidak boleh Anda abaikan, yaitu meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan. Terimalah kritik dan saran dari pelanggan sebagai masukan yang membantu usaha Anda menjadi makin baik. Hal kurang menyenangkan dari pelanggan harus Anda anggap sebagai masukan bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan.

Tetapi, bijaksanalah dalam menyikapi. Anda perlu memilah mana kritik yang membangun dan mana yang hanya bertujuan menjatuhkan. Kuncinya, jangan mudah sakit hati ketika pelanggan memberi masukan, karena bisa jadi itu jalan bagi Anda untuk menjadi lebih unggul dari para kompetitor Anda.

Baca Juga:  5 Tips Mengembangkan Usaha Kecil di Era Digital

Ikuti perkembangan bisnis untuk memajukan bisnis

Era digital memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Jadi, jika Anda tidak mengikuti perkembangan tekonologi, bersiaplah untuk tertinggal jauh dari pesaing-pesaing Anda. Banyak pengusaha sekarang mengoptimalkan website yang mereka miliki guna melejitkan usaha.

Untuk memanjakan pelanggan, kemajuan teknologi sangat membantu. Fitur-fitur pendukung seperti live chat, kemudahan transaksi secara online dan konten-konten berupa foto dan video menarik akan membuat usaha Anda semakin mudah dijalankan dan memiliki peluang lebih besar untuk maju.

Optimalkan media sosial untuk memasarkan produk

Jika zaman sekarang setiap saat orang membawa HP kemanapun mereka pergi dan mengakses media sosial, bukankah ini kesempatan bagus bagi para pengusaha? Anda bisa melakukan pemasaran di akun-akun media sosial populer untuk menjaring calon-calon pelanggan baru.

Jadi, memperkenalkan dan menawarkan produk tidak harus bertatap muka dengan calon pelanggan. Melalui akun-akun media sosial, Anda bisa menjual produk Anda. Posting konten gambar dan video yang menarik untuk menjaring lebih banyak calon pelanggan.

Jadi, jika saat ini Anda memiliki akun-akun media sosial, maka optimalkan pula fungsinya untuk menawarkan produk-produk Anda. Akan lebih baik pula juga Anda juga memiliki website. Pengusaha diera digital menggunakan website sebagai kebutuhan, bukan lagi pilihan.

Melalui website inilah produk-produk UMKM punya kesempatan besar untuk go international. Jika belum memiliki website sendiri, sebaiknya Anda mulai melangkah untuk membangunnya guna melebarkan sayap usaha Anda. Dengan konten-konten menarik, sama seperti media sosial, Anda bisa menjaring lebih banyak calon pelanggan.

Bergabunglah dengan e-commerce atau marketplace populer 

Bergabung dengan e-commerce atau marketplace populer bisa memperluas jaringan Anda. Akan semakin banyak orang mengenal produk dan brand Anda. Beberapa marketplace populer antara lain Tokopedia, Lazada, Shoope, dan seterusnya. Zamannya apa-apa serba onlin, mengapa tidak menggunakan kesempatan itu untuk mengembangkan usaha?

Baca Juga:  Niat Penyelenggara Asean Games 2018 Gandeng Pelaku UKM

 

Selain memanjakan (calon) pelanggan dengan keamanan dan kenyamanan bertransaksi, Anda punya kesempatan untuk memperluas wilayah usaha Anda. Tidak hanya dalam negeri, produk Anda bisa dilirik dan diminati oleh orang-orang dari seluruh belahan dunia.

Gunakan sistem ERP untuk mengelola  aktivitas bisnis

Apa itu sistem ERP? ERP adalah software yang fungsinya membantu pengusaha untuk mengelola aktivitas bisnisnya setiap hari. Jadi, pengusaha bisa mengelola keuangan, SDM, keuangan, produksi atau pengadaan dengan baik dan tertata.

Tidak hanya memfasilitasi pengusaha secara real time, tetapi juga memberi data-data yang akurat. Jadi pengusaha bisa mengecek transaksi yang terjadi, dan jika terjadi kesalahan atau human error, maka bisa dicek menggunakan ERP untuk menunjukkan kebenarannya.

Anda tidak harus pergi ke gudang untuk mengecek berapa stop baran yang Anda miliki. Anda juga tinggal beberapa kali klik ketika ingin melihat produk mana saja yang banyak peminatnya dan mana yang kurang. Singkatnya, ERP membantu Anda untuk menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Bagaimana, Anda siap mengembangkan UMKM yang Anda jalankan? Jika Anda menerapkan 8 cara mengembangkan UMKM yang jitu di atas secara konsisten, maka Anda pasti memetik hasilnya. Jangan mudah menyerah, itu kuncinya. Niat serta komitmen yang kuat adalah 2 hal yang harus selalu jaga untuk mencapai keberhasilan.

Selalu sempatkan untuk mencari lebih banyak referensi untuk belajar tentang bisnis, terutama yang berkaitan dengan UMKM. Selamat berjuang, selamat mencoba 8 cara mengembangkan UMKM yang jitu.