Manfaat Membangun Brand Bagi UMKM

Apalah arti sebuah nama? Begitu kata Shakespeare. Tetapi bagi suatu usaha yang menawarkan produk, nama itu penting. Nama, merek atau brand adalah presentasi dari produk dan usaha yang dijalankan oleh pengusaha. Apakah brand hanya untuk usaha-usaha yang sudah maju dan berkembang? Tentu saja tidak.

Brand juga perlu bagi UMKM. Sayangnya, masih ada yang belum menyadari hal ini. Bahkan ada pelaku UMKM yang sudah puluhan tahun berbisnis dan belum memiliki brand bagi produknya. Toh sudah laku, begitu alasannya. Tetapi persaingan terus berjalan. Jika terus dengan prinsip “apalah arti sebuah nama,” usaha Anda terancam karam.

Mengingat pelaku UMKM banyak yang tidak memiliki modal besar, maka alasan alin tidak memiliki brand dan logonya adalah karena untuk membuat itu dibutuhkan tenaga ahli. Sementara itu, untuk menyewa tenaga ahli dibutuhkan biaya yang besar. Masuk akal, tapi selalu ada cara untuk menciptakan brand dan logo.

Tapi mengapa brand dan logo begitu penting? Jelas salah satunya untuk membedakan produk Anda dari para pesaing. Hanya itu? Jelas tidak? Mengapa banyak pelaku UMKM yang belum membangun brand? Ini dia penjelasannya. Mari kita simak bersama.

Mengapa Pelaku UMKM Banyak yang Belum Membangun Brand Untuk Mengembangkan Usaha?

Masih ada pelaku UMKM yang beranggapan membuat brand membutuhkan biaya besar

Pelaku UMKM terbatas dalam hal modal. Karena itulah mereka selalu menekan pengeluaran, termasuk biaya untuk membangun brand dan logo. Masih ada yang menganggap brand dan logo belum begitu perlu, makanya belum perlu untuk dibuat dan dianggarkan biayanya. Mereka memilih meningkatkan poduksi.

Tetapi masalahnya, ketika produksi meningkat, tanpa brand dan logo, bagaimana orang-orang akan mengenal produk-produk Anda di pasaran? Selain membuat produk Anda dikenal oleh orang, brand serta logo yang mudah diingat akan mudah pula terlintas di benak orang ketika membutuhkan produk yang kebetulan Anda jual.

Baca Juga:  Bangunlah Brand bukan Ciptakan Merek!

Membangun brand itu rumit

Masih ada pelaku UMKM yang menganggap membangun brand itu rumit. Butuh waktu iya, tapi rumit mungkin hanya karena belum tahu bagaimana caranya. Anda perlu mengedukasi calon pelanggan. Anda perlu mengomunikasikan nilai-nilai dari produk-produk yang Anda tawarkan.

Membangun brand itu tidak perlu bagi UMKM

Ini dia pandangan yang harus Anda ubah jika Anda pelaku UMKM dan memiliki pendapat yang sama. Membangun brand itu perlu baik bagi perusahaan kecil maupun perusahaan yang sudah besar dan perkembang. Brand atau merek memberikan identitas bagi usaha Anda. Orang mengenal usaha Anda dari brand yang Anda bangun.

Jadi, jelas membangun brand itu penting. Brand mencerminkan seperti apa usaha Anda dan produk yang Anda tawarkan. Lalu, apa saja sih manfaat brand bagi UMKM? Mari kita baca penjelasannya di bawah ini:

Manfaat membangun brand bagi UMKM yang wajib Anda tahu

Brand adalah identitas usaha

Ketika mencari barang, tentu ketike berada di toko, super market atau pasar, tentu orang-orang terlebih dahulu mengenali nama/brand serta logo dari suatu produk. Biasanya produk yang tidak memiliki brand, cenderung dilewati oleh konsumen karena dianggap kurang meyakinkan.

Ini tentu saja beda kasus jika sebelumnya Anda sudah mengemas produk Anda tanpa nama dan Anda menawarkannya dari rumah ke rumah dan sudah mendapatkan pelanggan tetap. Tetapi, ini bisa jadi tidak bertahan lama jika Anda tidak melakukan perbaikan baik mutu maupun kemasan.

Jika ingin bersaing di wilayah yang lebih luas, maka membangun brand perlu Anda pikirkan betul.

Brand membedakan produk Anda dengan produk pesaing

Brand membantu konsumen untuk membedakan produk Anda dengan produk pesaing. Sayang kan kalau Anda sudah membuat produk berkualitas tetapi konsumen tidak bisa membedakan produk Anda dengan produk pesaing. Padahal, bisa jadi kualitas produk Anda jauh lebih tinggi dibanding produk pesaing.

Baca Juga:  Manfaat Website Bagi UMKM yang Perlu Anda Tahu

Brand meningkatkan penjualan

Ketika Anda benar-benar memikirkan brand, maka brand Anda akan diterima secara positif oleh konsumen. Apalagi jika produk Anda memang berkualitas sehingga selalu ada repeat order dari pelanggan. Mereka akan dengan sendirinya menceritakan keunggulan produk Anda kepada orang lain yang akhirnya berdampak baik pada penjualan Anda.

Brand menjaga loyalitas pelanggan

Ketika konsumen puas dengan produk Anda, maka secara otomatis brand aau merek produk Anda akan melekat di benak mereka. Tidak hanya itu, brand Anda juga akan berada di hati mereka, sehingga mereka sudah tidak melihat brand lain ketika membutuhkan produk yang selama ini mereka pakai atau konsumsi. Brand menjaga pelanggan tetap setia.

Brand membuat pelanggan sudah tidak memikirkan harga

Saat brand Anda berhasil menyentuh hati dan masuk di benark konsumen, maka mereka cenderung tidak lagi memikirkan harga ketika hendak membeli produk yang memang mereka sukai. Kualitas yang terus Anda pertahankan dan tingkatkan akan membuat konsumen tetap membeli produk Anda meski harganya mungkin tergolong cukup mahal.

Brand mempermudah komunikasi dalam pemasaran

Menurut banyak pakar pemasaran menyatakan bahwa promosi terbaik adalah melalui cerita yang berasal dari para pelanggan yang puas. Para pelanggan inilah yang nantinya akan secara tidak langsung mempromosikan produk-produk Anda. Dan tahukah Anda, ini bisa menekan biaya pemasaran. Asik kan?

Brand membuka peluang untuk franchise

Setelah brand Anda dikenal di pasaran, maka akan terbuka peluang besar bagi Anda untuk mewaralabakan usaha. Ketika brand makin mengakar di benak konsumen, maka usaha Anda akan semakin maju dan berkembang. Ini tentu saja pencapaian jangka panjang yang tidak mustahil untuk Anda raih. Jadi, brand jelas memiliki peran penting.

Baca Juga:  6 Prinsip Sanitasi Higienis untuk Usaha Kuliner Anda

Brand menjadi kebanggan dan daya tarik tersendiri

Brand yang sudah melekat di benak dan hati konsumen  akan menjadi brand yang top of mind. Artinya, brand tersebut sudah terpercaya sehingga memiliki daya tarik yang bisa membuat investor dan pengusaha lain ingin bekerja sama dengan Anda. Bagaimana, masih menganggap brand dan logo itu tidak perlu?

Brand dan logo juga membantu meningkatkan prestise produk Anda. Produk ber-brand/bermerek dan berlogo lebih dianggap profesional juga bergengsi oleh orang-orang. Dari penjelasan panjang di atas, secara singkat, ini dia manfaat membangun brand bagi UMKM:

1. Melekat di Ingatan
2. Aset usaha Anda
3. Menyentuh sisi emosional pelanggan/konsumen
4. Totalitas dari layanan usaha
5. Memudahkan pelanggan menemukan produk Anda
6. Menciptakan karakter
7. Membantu menarik konsumen
8. Menekan biaya usaha
9. Memengaruhi perilaku konsumen

Sudah terpikirkan brand seperti apa yang mewakili produk dan usaha Anda? Carilah referensi serta saran dari orang-orang yang sudah berhasil membangun brand mereka. Dengan demikian, Anda akan memiliki banyak ide untuk mulai membuat brand dan menciptakan logo yang mempresentasikan produk dan bisnis yang Anda jalankan.

Selamat berjuang. Selamat meraih keberhasilan sesuai yang Anda impikan. Jangan berhenti di tengah jalan saat menghadapi tantangan.